Berikut adalah penjelasan wiki mengenai Entreprenurship
Pandangan saya pribadi mengenai hal ini sendiri sebenarnya sejalan dengan apa yang tertulis dalam wiki. Hanya beberapa tambahan yang saya rasa perlu dari referensi wiki ini.
Entrepreneurship is often difficult and tricky, as many new ventures fail
Hal ini saya pandang sebagai hal yang relatif, terhadap segi apa.
Jika dalam segi aktualisasi, hal ini memang benar tetapi secara pribadi
jika kita melihat diri kita memang menjiwai dan mencintai apa yang kita kerjakan. Tidak sepatutnya kita mengeluh dan mengganggap hal tersebut sulit.
Seperti kata Steve Jobs
"You've got to find what yo love"
many ventures fail ? well, yes it's a general truth !
It depends on how great our love to our newly born business and what strategy we'll puton it so it can grows as what we've been expected
Entrepreneur is often synonymous with founder
Kalau kita lihat, kebanyakan entrepreneur merupakan seorang leader
yang mana dia yang mendirikan bisnisnya sendiri. Contohnya beberapa
technoprenerur (people who become entrepreneur in technology business) ,
Larry Page & Sergey Brin
(Founders of Google) , Steve Job & Steve Woz (Founders of Apple) etc. Jadi bisa dikatakan bahwa hampir semua entrepreneur itu adalah seorang founder karena dia mendirikan bisnisnya sendiri. Kecuali beberapa , seperti Ray Kroc, yang membeli McDonald dan mengembangkannya. Di balik McDonald dia melihat adanya peluang dan dia mengembangkan peluang tersebut menjadi bisnis bernilai milyaran dollar sampai hari ini
The term entrepreneur applies to someone who creates value by offering a product or service
Ya, kebanyakan entrepreneur baru selalu menawarkan hal-hal yang baru , baik berupaproduk dan jasa. Apalagi di tengah persaingan bisnis yang ketat ini, pasar cenderung mencari hal yang baru , yang menarik. Seorang entrepreneur harus bisa memberikan value yang baru ke dalam produk maupun jasanya agar bisa menarik pasar .
Setiap orang yang ingin maju dan tidak ingin terpuruk haruslah ber-inovasi untuk tetapbisa survive dan berkembang.
Entrepreneurs often have strong beliefs about a market opportunity and organize their resources effectively to accomplish an outcome that changes existing interactions
Jika seorang calon entrepreneur tidak memiliki keyakinan yang tinggi akan peluang pasar maka tentu saja selamanya tidak akan pernah mau mencoba memasuki pasar sehingga akan gugur begitu saja dan tidak berkembang menjadi seorang entrepreneur sejati. Di balik peluang , harus diimbangi oleh strategi dan manajemen sumber daya yang efektif dalam menuju sukses. Karena sukses tidak cukup hanya dengan kerja keras dan keberanian saja namun juga strategi yang mendampingi, mekanisme-mekanisme yang tidak kita sangka akan terjadi namun ada dalam kenyataanya seperti
(hoki, tiba-tiba produk/jasa kita begitu diterima oleh pasar tapi jika kita lihat biasa-biasa saja. Resiko/kesialan yang muncul tiba-tiba, tadiny dalam analisa kita tidak akan ada pesaing ataupun pasar akan konstan, namun tiba-tiba terjadi inflasi ataupun ada pesaing yang plagiat dan membuka usaha serupa dan menawarkan harga lebih murah. hal ini tentu saja akan merubah peta bisnis kita untuk lebih kompetitif lagi.) dan beberapa hal lagi yang mungkin tidak bisa disebutkan contohnya satu per satu.
0 comments:
Post a Comment